Penyimpanan Komoditi

Pentingnya Fumigasi Kayu Baik Untuk Penyimpanan Ataupun Pengiriman! Bahkan Hingga Ekspor!

Mari kita ketahui apa saja kegunaan fumigasi kayu pada dasarnya, keperluan utama tentu berkaitan erat dengan mengurangi dampak penyebaran penyakit akibat hama.

Proses fumigasi kayu sendiri sangatlah penting dan sebaiknya dilakukan oleh jasa fumigator terpercaya. Dengan kondisi tersebut Anda harus mengetahui bahwa kayu adalah salah satu elemen yang mungkin saja bersentuhan langsung dengan barang atau komoditas. Selain itu, kayu juga menjadi salah satu acuan untuk pengiriman barang ekspor.

Pengiriman yang memanfaatkan packaging material kayu tentunya menjadi aturan dari FAO. Apalagi ini menjadi salah satu faktor penting agar anda memahami seberapa pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak penyebaran penyakit akibat hama. Dengan begitu proses fumigasi terhadap kayu sangatlah penting dan harus dilakukan khususnya untuk Anda yang berbisnis ekspor ataupun impor.

 

Ketahui 3 Kegunaan Fumigasi Kayu

Mari kita ketahui apa saja kegunaan fumigasi kayu pada dasarnya, keperluan utama tentu berkaitan erat dengan mengurangi dampak penyebaran penyakit akibat hama. Tetapi beberapa faktor lain tentu berkaitan dengan kualitas dan menjaga mutu dari barang ataupun komoditas. Selain itu Anda juga harus mengetahui bahwa ini juga menjadi salah satu bentuk syarat administratif dalam bentuk sertifikat fumigasi ISPM 15 untuk pengiriman barang ke luar negeri.

Penyimpanan

Pertama tentu kebutuhan fumigasi terhadap kayu ini dilakukan untuk proses penyimpanan. Biasanya kita akan menemui penggunaan dari palet kayu yang digunakan untuk bahan dasar agar tidak bersentuhan dengan lantai. Hal tersebut sangatlah penting dan harus anda perhatikan sebagai pelaku bisnis penyimpanan komoditas dalam gudang.

Pada proses penyimpanan tentunya juga sangat penting melakukan sanitasi terlebih dahulu. Sebelum kedatangan komoditas ataupun barang untuk disimpan sebaiknya lingkungan gudang tersebut sudah sudah bersih dari serangga merayap ataupun terbang. Untuk hari ini pastinya sangatlah penting bagi anda memperhitungkan proses sanitasi menyeluruh dengan metode spraying dan juga thermal fogging.

Pengiriman

Selanjutnya kita juga harus mengetahui bahwa fumigasi terhadap kayu tersebut akan diperhitungkan untuk proses pengiriman. Dalam hal ini tentunya anda yang akan melakukan pengiriman juga akan memperhitungkan proses fumigasi secara menyeluruh. Dimana anda harus mempertimbangkan penggunaan dari produk yang menggunakan bahan aktif fosfin PH3 agar lebih aman dan mengurangi dampak negatif.

Pengiriman ini juga merupakan suatu tindakan yang sangat penting apalagi jika memerlukan jasa fumigator dalam melabeli wood packaging material. Jadi dengan demikian pengiriman adalah salah satu proses yang sangat penting dan setidaknya jika melakukan proses fumigasi dengan baik tentu akan mengurangi resiko dari pengurangan mutu barang yang dikirim.

Ekspor

Selanjutnya untuk proses ekspor sendiri para pelaku usaha eksportir harusnya Memahami pentingnya fumigasi terhadap kayu. Ini menjadi salah satu kebutuhan dasar di mana perlakuan terhadap barang yang dikirim tersebut sudah harus disimpan dalam wood packaging material. Pilihan kayu tersebut sudah tidak boleh asal-asalan dan harus diperhatikan.

Untuk melakukan proses ini tentunya para eksportir tersebut membutuhkan jasa fumigator. Pastinya para pelaku jasa fumigator tersebut juga harus memiliki akreditasi dari MAFAS di bawah Kementerian Departemen Pertanian. Dengan begitu para pelaku eksportir akan mendapatkan berbagai nilai pada proses fumigasi, hingga syarat administratif.

Berbagai kebutuhan dalam proses fumigasi terhadap kayu tersebut sangatlah penting. Di atas merupakan beberapa hal penting yang pastinya kita perlu perhatikan. Memperhitungkan hal tersebut merupakan suatu hal yang perlu dilakukan khususnya bagi Anda yang merupakan pelaku eksportir mancanegara.

 

Pilihan Bahan Fumigasi Kayu

Selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja bahan untuk fumigasi terhadap kayu. Tentunya bahan ini akan berkaitan dengan pemilihan kayu yang sesuai. Pada dasarnya kita sendiri pasti akan sangat sering mempergunakan fumigasi pallet kayu terlebih dahulu daripada wood packaging material.

Untuk itu beberapa hal dibawah ini pastinya perlu diperhatikan. Bila anda ingin melakukan fumigasi terhadap kayu tentu perlu dipertimbangkan secara optimal. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan dan sebaiknya untuk tidak dilanggar.

Bukan olahan

Pertama adalah jangan memilih kayu dalam bentuk olahan. Apapun kayu dalam bentuk olahan tentunya sangat tidak direkomendasikan. Apalagi ini akan menyangkut dengan kualitas dari kayu yang akan anda gunakan untuk proses pengiriman ataupun ekspor.

Dengan kata lain, lebih direkomendasikan memiliki kayu dengan kualitas yang baik. Bila anda ingin mengirimkan barang agar lebih aman pastikan untuk mempergunakan kayu tanpa olahan. Karena hal tersebut sudah termasuk standarisasi untuk mendapatkan sertifikat fumigasi.

Bersih

Pastikan sudah kayu yang dipilih tersebut bersih tidak ada tanah dan juga kotoran hewan. Dengan begitu kayu yang sudah bersih ini akan memenuhi standar dari proses fumigasi yang akan dilakukan. Bila anda memanfaatkan hal tersebut tentunya akan jauh lebih cepat dalam proses fumigasi yang dilakukan oleh jasa fumigator terpercaya.

Kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting dan akan menjadi dasar dari proses selanjutnya. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhitungkan bagaimana cara terbaik untuk melakukan fumigasi dibantu dengan fumigator terakreditasi. Jadi kebersihan juga akan menjadi acuan dari kualitas mutu yang terjaga.

Tidak berlubang

Anda juga harus memastikan bahwa waktu yang dipergunakan untuk wood packaging material tersebut tidak berlubang. Karena jika berlubang ini juga akan mengurangi nilai dari standarisasi ISPM 15. Yang berlubang tentunya tidak akan baik karena nantinya termasuk dalam hitungan keropos. Apalagi bila kayu tersebut berlubang karena serangga.

Pastikan memilih bahan kayu yang sesuai dan tepat serta aman untuk barang yang akan anda kirim. Apalagi hal ini dipergunakan untuk para pelaku eksportir di negara Indonesia. Sehingga hal tersebut juga harus diperhatikan secara seksama.

Sumber kayu terpercaya

Yang paling mudah adalah mendapatkan kayu dari sumber terpercaya. Bila anda mendapatkan kayu untuk packaging tersebut dari sumber terpercaya dan memiliki legalitas. Serta keperluannya memang diperuntukkan untuk wood packaging material, pastinya kayu tersebut sudah sesuai standar.

Dengan begitu pasti akan lebih mudah dalam proses fumigasi terhadap kayu yang akan dilakukan oleh fumigator. Para pelaku usaha juga harus menyadari bahwa hal ini sangatlah penting dan harus diperhatikan. Sumber kayu terpercaya pastinya akan memberikan keamanan bagi anda.

Beberapa hal diatas untuknya menjadi salah satu standar dalam pemilihan kayu. Jika nantinya anda ingin mendapatkan kualitas yang baik pastikan untuk memanfaatkan beberapa informasi tersebut. Karena nantinya dengan acuan poin di atas tentunya anda akan lebih mudah memilih kayu yang akan digunakan.

 

Cara Melakukan Fumigasi Kayu

Proses fumigasi kayu sendiri juga harus diperhatikan dengan baik dan benar. Apalagi bila anda merupakan seorang yang baru dalam proses pengiriman ekspor ke luar negeri. Untuk para pelaku usaha eksportir tentunya sudah cukup mudah dan mampu menghasilkan metode terbaik.

Bila ingin melakukan fumigasi terhadap kayu, terdapat dua hal sendiri yang harus anda perhatikan. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus anda perhitungan:

Heat treatment

Pertama pastinya kayu tersebut sudah melalui proses heat treatment dengan acuan suhu 56 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit. Alasan kenapa Anda harus melakukan pemanasan terhadap kayu tersebut selama 30 menit pada suhu 56 derajat Celsius tentu berkaitan dengan care temperatur. Selain itu Anda juga harus memperhatikan chemical pressure impregnation.

Dalam proses ini tentunya kayu yang sudah memenuhi standar baru melakukan proses heat treatment. Dengan begitu Anda harus memperhatikan secara optimal bagaimana proses pemilihan kayu yang sesuai. Jangan sampai salah dalam melakukan proses ini karena bisa saja menghasilkan ketidak sesuaian dalam proses fumigasi nantinya.

Fumigasi fosfin

Selanjutnya adalah proses fumigasi terhadap kayu, dalam proses ini sebenarnya bisa menggunakan dua bahan aktif yaitu metil bromida dan juga fosfin PH 3. Tapi lebih direkomendasikan untuk menggunakan fosfin PH 3 karena lebih aman dan pastinya bisa masuk ke seluruh negara. Jangan begitu pemanfaatan dari fosfin akan jauh lebih cepat dan tidak meninggalkan noda.

Anda juga akan menyadari bahwa penggunaan dari fosfin sendiri tidak akan mengurangi mutu bahkan bila itu merupakan komoditas pasca panen. Sehingga dengan demikian, sangat direkomendasikan menggunakan fosfin apalagi dengan campuran CO2 yang tersedia pada produk fumilikuid (98% CO2 & 2% PH3).

Untuk melakukan proses fumigasi terhadap kayu ini harusnya dilakukan oleh seorang jasa fumigator terpercaya yang sudah memiliki akreditasi langsung dari MAFAS di bawah Kementerian Departemen Pertanian. Dengan begitu kualitas dari fumigasi yang dilakukan juga telah terkontrol dengan baik. Nantinya kayu yang sudah selesai difumigasi, juga akan dilabeli.

Berikut adalah beberapa proses penting yang harus dilakukan:

  • Menutup kayu dengan plastik pvc.
  • Melakukan fumigasi fosfin.
  • Perhatikan dosis yang digunakan.
  • Tutup rapat seluruh bagian plastik pvc.
  • Fumigasi dengan gas cair hanya membutuhkan 1 kali 24 jam.
  • Fumigasi selesai dilakukan.

Beberapa proses di atas tentunya juga harus diperhatikan oleh pelaku usaha. Apalagi jika anda merupakan seorang pemula pastinya harus memiliki analisis. Terutama Analisis untuk menempatkan proses perencanaan yang baik terhadap kebutuhan dari fumigasi terhadap kayu.

 

Fumigator Untuk Proses Fumigasi Terhadap Kayu

Anda pastinya sudah sering mengenal istilah fumigasi kontainer yang dilakukan oleh fumigator terpercaya. Fumigasi terhadap kontainer tersebut dilakukan untuk para pelaku eksportir. Dengan begitu tujuannya adalah untuk membunuh hama, alasan kenapa menggunakan metode fumigasi dan bukan sanitasi tentu dikarenakan nantinya kontainer akan berkemungkinan bersentuhan langsung dengan barang di dalamnya. Selain itu ini juga merupakan salah satu standar yang diberikan oleh PBB dalam organisasi FAO.

Tergantung kebutuhan

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, memang melakukan proses fumigasi ini tergantung dengan kebutuhan. Apalagi bila anda merupakan Seorang eksportir pasti lebih membutuhkan untuk administratif dan juga menjaga mutu. Jadi dengan begitu para pelaku usaha juga harus memahami kebutuhan yang tepat.

Tetapi bagi seorang pelaku usaha penyimpanan komoditas pangan pasca panen yang memahami pentingnya fumigasi. Mereka akan melakukan fumigasi terhadap palet kayu yang digunakan sebagai tindihan agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Setelah anda memahaminya pastinya kebutuhan terhadap fumigasi ini tergantung juga dengan keperluan pelaku usaha.

Perlu sertifikat?

Apalagi untuk Anda yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri atau mancanegara. Pasti membutuhkan sertifikat fumigasi atau yang sering dikenal dengan istilah ISPM 15. Untuk mendapatkan sertifikasi ini yang akan di bawa sebagai bukti administratif telah melakukan fumigasi pada proses masuk kontainer, anda memerlukan jasa fumigator.

Untuk jasa fumigator sendiri harus sudah memiliki akreditasi dari MAFAS di bawah Kementerian Departemen Pertanian. Maka dengan demikian anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan jasa fumigator terpercaya. Sehingga anda bisa berkonsultasi dengan baik untuk melakukan proses pengiriman barang mancanegara atau ekspor.

Pelabelan packaging

Selanjutnya fungsi dari fumigator sendiri juga berkaitan dengan pelabelan packaging. Sehingga hal tersebut juga harus diperhitungkan sebagai pilihan yang optimal. Karena nantinya beberapa kayu yang sudah di fumigasi oleh seorang fumigator profesional, juga harus melakukan pelabelan untuk memisahkan kayu yang sudah di fumigasi dan belum.

Dalam proses ini kita sebut sebagai istilah wood packaging material yang harus dilakukan apalagi ketika anda akan melakukan ekspor. Maka dengan begitu para pelaku usaha harusnya mempertimbangkan bagaimana cara fumigasi terbaik.

Mempertimbangkan beberapa fungsi yang bisa diberikan oleh seorang jasa fumigator terpercaya. Tentu terdapat banyak sekali nilai dari penggunaannya. Beberapa diantaranya adalah menjaga mutu, mengurangi risiko penyakit dari hama hingga proses administratif untuk ekspor.

 

Kesimpulan

Melakukan tindakan fumigasi terhadap kayu memang sangatlah penting. Apalagi bila anda benar-benar memahami bahwa kebersihan dan juga mengurangi resiko penyebaran penyakit dari hama sangatlah diperlukan. Pelaku usaha yang memahaminya tentu seringkali memilih kayu yang telah difumigasi.

Beberapa informasi di atas pastinya sangat penting, apalagi bagi Anda yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri. Pastikan anda juga sudah melakukan wood packaging material secara optimal. Sehingga menggunakan jasa fumigator terpercaya sangatlah diperlukan.

Memahami beberapa poin penting diatas pastinya akan membuat Anda menyadari bahwa proses fumigasi sangatlah penting. Dengan memanfaatkannya kita bisa memiliki perencanaan yang optimal. Oleh karena itu perhatikan secara efektif bagaimana metode yang sesuai untuk melakukan fumigasi kayu berkualitas.

 

Jika Anda ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk kami, hubungi kami sekarang !

PT Panca Prima Wijaya

085313200188 / 081318939319

WhatsApp : KLIK DISINI

YouTube : KLIK DISINI

Instagram : KLIK DISINI

Facebook : KLIK DISINI