Mesin Olah Dan Alat Uji Mutu Hasil Bumi

Grading Kopi Kualitas Premium Ngga Susah Lagi Pakai Alat Ini

Minuman kopi sangat diminati di seluruh dunia, itu sebabnya biji kopi menjadi salah satu komoditas yang banyak permintaannya. Indonesia sendiri termasuk salah satu pengekspor kopi dengan kualitas tinggi.

Minuman kopi sangat diminati di seluruh dunia, itu sebabnya biji kopi menjadi salah satu komoditas yang banyak permintaannya. Indonesia sendiri termasuk salah satu pengekspor kopi dengan kualitas tinggi.

Rasa nikmat kopi dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari bibitnya, lokasi penanamannya, proses pengolahan buah kopi hingga menjadi biji kopi kering, penyimpanannya, hingga proses menyangrai atau rosting dan terakhir cara penyajiannya.

Harga kopi beraneka ragam, namun mahal atau murahnya tergantung pada system grading /sortir, seperti berdasarkan besarnya biji kopi, warna kopi, dan juga tingkat kerusakan pada biji kopi (seperti pecah atau rusak karena hama).

Untuk tingkat internasional, ada 5 jenis grading kopi:

Grade 1: Speciality Grade Coffee Beans.

Ini adalah grade tertinggi kopi, dimana biji kopi tidak yang rusak dengan maksimum 5% diatas dan dibawah seleksi ukuran yang khusus. Selain itu jug harus memenuhi persyaratan rasa, keasaman, aroma dan bebas dari retakan dan noda. Biji juga harus nol dari yang disebut biji yang tidak matang atau yang dipanggang secara buruk.

Grade 2: Premium Grade Coffee Beans

Ini adalah grade kedua terbaik, dan yang banyak dijual dipasaran. Biji kopi jenis ini mirip dengan grade satu, namun diijinkan maksimum memiliki 3 biji yang tidak matang atau dipanggang dengan buruk dan 0-8 yang rusak.

Grade 3: Exchange Grade Coffee Bean

Jenis ini harus memiliki 50% biji kopi yang lolos seleksi ukuran 15 dan 5% dibawahnya. Bebas dari kerusakan, tapi antara 9-23 biji yang mengalami kerusakan masih dibolehkan. Kebanyakan kopi yang dijual di pasar swalayan adalah jenis ini.

Grade 4: Standar Grade Coffe Beans

Harus memiliki 24 hingga 86 biji kopi yang mengalami kerusakan per 300 gram. Jenis ini bisa dikatakan kopi kualias rendah.

Grade 5: Off Grade Coffee Bean

Biji kopi jenis ini biasanya di tolak untuk dijual karena tidak diminati sebak kerusakannya mencapai lebih dari 86 per 300 gram.

Dari system grading internasional di atas kita bisa melihat bahwa mutu biji kopi sangat penting, terutama dalam pemilahan atau sortir berdasarkan biji kopi yang utuh dan juga warnanya.

Tentunya menyortir secara manual tidak memungkinkan jika komoditas kopi dalam jumlah besar, untuk itu Anda membutuhkan mesin sortir untuk komoditas yang berkualitas.

Jika dulu dibutuhkan orang yang ahli untuk melakukan sortir berdasarkan klasifikasi warna atau kerusakan untuk melakukan grading, saat ini sudah bisa menggunakan mesin. Saat ini mesin sortir sudah dikembangkan menggunakan system kecerdasan buatan yang bisa mengklasifikasikan kopi berdasarkan warna dan ukuran.

Mesin sortir biji kopi COLOR SORTER OGAWA HCS-2E, adalah mesin sortir kopi buatan Jepang dengan teknologi canggih dan kualitas yang bisa diandalkan. Selain mesin yang berkualitas, Anda juga akan mendapatkan layanan purna jual dari PT.Panca Prima Wijaya. Jadi tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan alat ini.

Untuk melihat demo mesin sortir biji kopi COLOR SORTER OGAWA HCS-2E bisa dilihat di YouTube dengan KLIK DISINI.

Untuk informasi lebih lengkap dan pembelian, hubungi sekarang juga PT.Panca Prima Wijaya di WA 085313200188 Dengan Bapak Patrick Prayoga.